Foto: Sustia Mei Darta

Tahun Dibangun: 1920

Arsitek:

Fungsi Bangunan: Kantor dan Gudang Persediaan PJKA

Deskripsi Bangunan:

Pada tanggal 17 Mei 1884, Kota Bandung mulai disinggahi oleh kereta api, sedangkan peresemian stasiun Bandung dilakukan pada tanggal 16 Juni 1884. Jalur kereta api lintas cabang dibangun untuk menghubungkan Bandung dengan daerah sekitarnya yang menjadi pusat perkebunan. Kemudian disusul pembangunan jalur Bandung – Soreang lewat Kiaracondong (1921), dalam waktu yang hampir bersamaan dibangun jalur Rancaekek – Tanjungsari (1921). Jalur Dayeuh Kolot – Majalaya dibangun tahun 1923, disusul oleh jalur Soreang – Ciwidey pada tahun 1924, lalu Jalur terakhir yang selesai dibangun adalah jalur Citeureup – Banjaran – Pangalengan.

Gudang penyimpanan barang dan produk perkebunan seperti teh, karet dan Produksi perkebunan lainnya dihubungkan melalui jalur-jalur tersebut yang dibangun di berbagai tempat, seperti: Cibangkong, Cikudapateuh, Kosambi, Kiaracondong dan lain-lain. Kantor Utama fasilitas bengkel kereta api, Staats Spoorwegen (SS) di Indenburgweg (jalan Sukabumi) berada di bangunan paling depan di lokasi ini, yang dibangun tahun 1920.

Alamat: Jl. Sukabumi No. 20