Sejarah Singkat

Gedung Kesenian Sunan Ambu.
Foto: Vicky A. Leovagustya, 2018.

Fakultas Budaya dan Media merupakan fakultas yang kelahirannya bersamaan dengan perubahan status Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung menjadi Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. SK pendirian ISBI Bandung sesuai dengan Perpres No. 86 Tahun 2014 tanggal 25 Agustus 2014, dan pejabat yang menerbitkan SK adalah Presiden Republik Indonesia,Tanggal 6 Oktober 2014. Sementara status Fakultas Budaya dan Media, secara legal berdiri sesuai dengan SK pendirian fakultas yaitu No. 27 Tahun 2015 dan pejabat yang menerbitkan SK adalah Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Gedung Fakultas Budaya dan Media.
Foto: Vicky A. Leovagustya, 2017.

Keberadaan Fakultas Budaya dan Media merupakan mandat dari Kemenristekdikti sebagai konsekuensi nama institusi yang mencantumkan kata ‘Budaya’ sehingga keberadaan ISBI Bandung berbeda dengan institusi seni lainnya yang statusnya meningkat dari Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) menjadi Institut Seni Indonesia (ISI). Saat ini jurusan/program studi yang dikelola di Fakultas Budaya dan Media berjumlah dua jurusan yaitu:

  1. PS Televisi dan Film (Jenjang pendidikan D4).
  2. PS Antropologi Budaya (Jenjang pendidikan S1).

 


Visi

Menjadi fakultas yang berjati diri dan berdaya saing dalam bidang budaya seni dan media di tingkat nasional dan internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan Tridarma perguruan tinggi di tingkat fakultas dalam kajian budaya seni dan kreativitas seni media.
  2. Membangun kreativitas yang inovatif dalam kajian budaya seni dan seni media.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berorientasi pada nilai, moralitas, intelektualisme, dan profesionalisme di bidang budaya seni dan seni media.
  4. Menjalin kerja sama di tingkat lokal, nasional, dan internasional dalam pengembangan disiplin budaya seni dan seni media.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana yang bertakwa, profesional, kompeten dan berdaya saing dalam bidang kajian budaya dan seni media.
  2. Mewujudkan profesionalisme dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang budaya dan seni media.
  3. Menciptakan bentuk kajian dan kreativitas dalam bidang budaya dan seni media.
  4. Melahirkan bentuk-bentuk kegiatan dalam pemeliharaan, pengembangan, pemanfaatan pengetahuan, dan pengalaman di bidang budaya dan seni media.

Sasaran

Pelepasan mahasiswa dalam acara Yudisium.
Foto: Badru Salam, 2018.

Sasaran Fakultas Budaya dan Media sejalan dengan visi, misi, dan tujuan lembaga ISBI Bandung dan visi, misi, dan tujuan yang telah disusun di fakultas sendiri. Sebagai salah satu fakultas baru Fakultas Budaya dan Media memiliki dua program studi yang juga relatif baru dibandingkan dengan prodi-prodi lainnya di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung. Sebagai fakultas baru tentu banyak sekali hal-hal yang harus dirancang, dibenahi dan dipersiapkan agar eksistensi fakultas bisa semakin kokoh keberadaannya dan turut andil memberikan identitas terhadap nama besar ISBI Bandung. Sasaran utamanya adalah sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan karya dan kajian di bidang budaya dan media rekam. Namun memiliki karakteristik unik dan kekuatan sebagai pelaksana dan pengelola akademik tingkat fakultas yang bertanggung jawab kepada lembaga ISBI Bandung.

  


Tautan Terkait

Struktur FBM | Senat FBM | Staf | SOP | SKTMT | STM | Fasilitas dan Layanan | Fasilitas dan Layanan | Peraturan Menteri | Peraturan Rektor | SK Dekan

Alamat:
Jl. Buah Batu No.212,
Cijagra, Lengkong,
Kota Bandung,
Jawa Barat-Indonesia 40265

Telepon:
+62 22 7314982

Faks:
+62 22 7303021