Jurusan Antropologi Budaya

Jurusan Antropologi Budaya ISBI Bandung

Email Jurusan Antropologi Budaya: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
Jenjang Pendidikan: S1
Gelar Pendidikan: S.Sn
Kompetensi: Pengkajian Budaya
Jumlah SKS: 145 SKS
Masa Studi: 4 Tahun (8 Semester)
Akreditasi: -

 

Deskripsi Jurusan Antropologi Budaya

Antropologi adalah suatu bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari manusia, baik dari sisi fisik (paleoantropologi dan arkeologi) maupun non-fisik (sosial dan budaya). Sebagai disiplin ilmu tentang manusia, maka antropologi mempelajari dalam jangkauan skup yang bersifat holistik (utuh dan menyeluruh) dan mengkaji dalam rentang segala aspek beserta sisi-sisi dimensi kehidupan manusia. Antropologi Budaya Fakultas Budaya dan Media merupakan satu-satunya penyelenggara pendidikan strata 1 Antropologi yang menawarkan minat studi-studi tentang suku-bangsa Sunda dan lainnya, kajian terhadap produk-produk budaya visual atau artefak budaya yang bersifat filmis maupun fotografis, kajian tentang berbagai kesenian pergelaran dan rupa yang lokal Sunda maupun suku-bangsa lainnya secara holistik, dan antropologi pariwisata. 

Penyelenggaraan pendidikan Strata 1 Antropologi oleh Jurusan/Program Studi Antropologi Budaya dalam rangka memenuhi kebutuhan penting yang mampu menyelaraskan diri dengan tuntutan pembangunan nasional dewasa ini, yakni sarjana-sarjana Antropologi Budaya yang memiliki wawasan dan pengetahuan luas mengenai berbagai suku-bangsa di tengah-tengah berbagai persoalan pelik globalisasi. Pembangunan nasional membutuhkan tenaga-tenaga ahli antropologi budaya untuk menangani perkara-perkara sosial-budaya yang timbul akibat perbedaan tafsir dan persepsi antara masyarakat suku-bangsa dengan pemerintah maupun antara suku-bangsa satu dengan suku-bangsa lainnya.

Oleh karena itu, selama mahasiswa menempuh pembelajaran, mereka dibawa bertemu langsung dengan berbagai perkuliahan lapangan dan simulasi di luar program Kuliah Kerja Nyata yang memang menjadi kewajiban yang mesti ditempuh seluruh mahasiswa.

Profil lulusan antropologi budaya memiliki bekal cukup tentang pengetahuan dan kemampuan cakap sekaligus sigap di dalam memecahkan berbagai masalah sosial-budaya dalam masyarakat. Lulusan mempunyai kemampuan analitik dan responsif mengenai berbagai fenomena sosial-budaya dengan kacamata antropologisnya.

 

Sejarah Jurusan Antropologi Budaya

.....

 

FAKULTAS BUDAYA DAN MEDIA 
INSTITUT SENI BUDAYA INDONESIA (ISBI) BANDUNG

Address: Jl. Buah Batu No.212, Cijagra, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat-Indonesia 40265
Phone: +62 22 7314982 Fax: +62 22 7303021 
Web: fbm.isbi.ac.id Email: fbudayamedia@gmail.comfbm@isbi.ac.id

© 2019 Fakultas Budaya dan Media. All Rights Reserved. Designed By vixvixel